sablon kaos anak

Tips Dalam Membuat Sablon Kaos Anak yang Tepat

Fashion Anak

Menggunakan teknik sablon yang tepat merupakan bagian penting dari proses produksi kaos. Ini adalah aspek yang harus dipikirkan dengan jeli karena menentukan kualitas. Apalagi jika anda ingin fokus ke pakaian anak, tentunya harus lebih cermat lagi dalam membuat sablon kaos anak. Apabila kurang memperhatikan kualitas dari sablon, efeknya tidak main-main. Ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit anak-anak. Tidak ingin kan memiliki bisnis kaos anak yang tidak aman? Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips dibawah ini saat membuat sablon kaos.

Mengenali Sablon Terlebih Dahulu

Bagi para pemula yang tidak familiar dengan hal-hal yang berhubungan dengan produksi kaos termasuk sablon, anda perlu untuk mengenalinya terlebih dahulu. Sablon ini merupakan teknik mencetak tinta di atas bahan yang diinginkan.  Nah, penggunaan sablon ini sangat krusial untuk menampilkan ciri khas dari pakaian atau kaos yang dikenakan. Meskipun masih banyak penggemar dari kaos polos, namun permintaan dari kaos sablon juga meningkat. Apalagi untuk anak-anak yang membutuhkan kaos anti-monoton. Aneka sablon bisa menjadi alternatif penampilan yang bisa menunjang anak-anak.

Membuat Desain yang Tidak Sembarangan

Setelah mengetahui apa itu sablon, aspek yang harus diperhatikan selanjutnya adalah desain. Karena fokus kita adalah membuat sablon kaos anak, tentunya tidak boleh sembarangan memilih desain. Bagi anda yang memiliki bisnis kaos, anda harus rajin untuk mengeksplor ide dalam memproduksi kaos. Ini memiliki hubungan dengan target apa yang ingin anda capai. Apakah itu sablon dengan tampilan menyembul ataupun high density. Contoh kecil dari target anda pastinya harus disesuaikan dengan gambar desain yang dibuat. Entah itu berbentuk tipografi, logo, atau blok, anda harus membuatnya dengan jelas. Pastikan tidak ada lagi garis-garis halus yang tampil dalam gambar tersebut. Begitu pula dengan separasi warna yang harus anda perhatikan juga.

Memilih Teknik Pengaplikasian Sablon

Langkah selanjutnya dalam membuat sablon kaos anak adalah memilih teknik sablon. Dalam mengaplikasikannya, ada dua macam yaitu manual dan digital. Jika dari penyebutannya, anda bisa mengetahui bagaimana cara manual dan digital. Aspek inilah yang menunjang anda dalam memproduksi kaos anak. Berhati-hatilah dalam memilih teknik ini karena akan berpengaruh kepada waktu dan jumlah kaos yang dihasilkan.

  1. Menimbang Kelebihan dan Kekurangan

Yup, apabila anda memilih cara sablon yang manual, anda perlu menyiapkan alat-alat yang tidak sedikit yaitu rakel, frame, busa, foto emulsi, kaca bening, dan lainnya. Belum lagi anda juga harus memperhatikan kebersihan ketika melakukan proses penyablonan dengan menggunakan sarung tangan latex. Anda benar-benar harus sabar dan teliti dalam setiap langkahnya. Nah ini adalah kekurangan dari sablon manual karena lebih rumit dan memakan waktu yang lama. Dari segi biaya, memerlukan biaya yang lebih mahal untuk satuan kaos. Meskipun begitu cara manual memiliki kelebihan yaitu warna sablon yang tidak cepat pudar, tidak ada batasan untuk jenis tintanya, dan biaya lebih murah jika produksi dengan jumlah banyak.

Sedangkan untuk cara yang digital, ada tiga macam yaitu sublimasi, transfer to paper, dan DTG untuk anda perhatikan.

  • Sablon Digital Sublimasi

Hasil sablon dari sublimasi ini bagus untuk bahan polyester dengan proses yang cepat. Namun akan menjadi sangat terbatas karena hanya bagus si satu bahan saja. Selain itu, sablon sublimasi ini juga hanya bisa diaplikasikan pada warna yang terang saja.

  • Sablon Digital Transfer to Paper

Sablon digital transfer to transfer memiliki keunggulan yaitu pengerjaan yang cepat dan murah. Berbeda dengan sablon sublimasi, transfer to transfer ini bisa diaplikasikan pada multi-color. Jadi tidak ada batasan pada warna. Namun disisi lain sablon ini mudah rusak atau mengelupas. Anda bisa mengamatinya ketika sudah memakai kaos 10 hingga 20 kali. Bukan hanya itu saja, penggunaan tinta nya harus diperhatikan karena apabila tidak berkualitas, akan mudah luntur.

  • Sablon Digital DTG

Sablon DTG atau Direct to Garment ini juga praktis seperti jenis sebelumnya. Selain itu, sablon ini juga bisa langsung dicetak di kaos tanpa menggunakan media transfer kertas. Oleh karena itu, ketahanan dan kualitas yang dihasilkan sama bagusnya dengan cara manual. Tak hanya juga bisa diterapkan pada kaos berwara terang, sablon DTG ini juga bisa untuk warna terang. Sedangkan untuk kekurangannya, anda perlu mengeluarkan dana yang lebih besar karena harga printer DTG tidaklah murah. Jika untuk produksi kaos dalam satuan, harga nya akan mahal. Masih ada satu lagi nilai minus dari sablon ini yaitu terbatas nya variasi tekstur. Jika anda ingin membuat warna emas atau glitter, anda tidak bisa melakukannya dengan sablon ini.

Perhatikan Kualitas Bahan dari Kaos Anak

Hal penting selanjutnya sebelum membuat sablon kaos anak adalah memperhatikan kualitas bahan kaos. Pastikan bahan yang akan anda gunakan memang berkualitas ya. Ini karena tidak semua jenis bahan akan bisa disablon. Katun bambu adalah salah satu bahan berkualitas yang mungkin sudah ada di benak anda. Sudah banyak lho konveksi kaos katun bambu yang bisa dijadikan contoh. Jenis ini sebenarnya hampir sama dengan katun combed. Perbedaannya terletak pada penggunaan benang yang lebih lembut. Anda juga bisa menggunakan jenis bahan lainnya namun pastikan jika bahan tersebut memiliki dominasi katun lebih banyak.

Menguji Kualitas

Apabila anda ingin memproduksi kaos dalam jumlah yang banyak, ujilah dulu kualitas sablon. Pastikan bahwa kualitasnya terjaga agar hasilnya juga memuaskan. Ada beberapa ciri dari sablon yang berkualitas seperti tidak mudah tekelupas, luntur, terlalu tebal, atau meninggalkan bekas pada kaos. Oleh karena itu, selalu utamakan kualitasnya dalam memberikan kaos dengan sablon yang terlihat jelas. Menguji kualitas ini menjadi evaluasi agar kaos yang diproduksi semakin baik lagi kedepannya. Jadi, jangan sampai melewatkan proses yang satu ini ya.

Cantumkan Cara Merawat Kaos yang Benar

Satu hal lagi aspek yang penting dalam membuat sablon kaos anak adalah cara merawat kaos. Ini penting dilakukan untuk membuat sablon agar tahan lama. Anda bisa mencantumkan cara merawat kaos ini di label brand anda dibagian belakang nama brand. Umumnya, ada beberapa cara untuk merawat sablon kaos anak seperti berikut.

  1. Memisahkan kaos putih dengan kaos dengan warna lain seperti hitam, merah, dan biru agar tidak luntur.
  2. Usahakan tidak merendam kaos lebih dari 30 menit.
  3. Jauhkan dari pemutih karena akan membuat sablon kaos anak pudar dan berubah tekstur.
  4. Jangan gunakan sikat untuk membersihkan kaos karena akan membuat sablon rusak.
  5. Jangan menyetrika kaos pada bagian sablonnya langsung.
  6. Cuci dan jemur kaos dalam keadaan terbalik.

Begitulah tips yang bisa anda aplikasikan saat membuat sablon kaos anak. Jangan sampai salah memilih teknik sablon karena akan berimbas pada pencapaian bisnis anda. Pelajari apa saja yang berhubungan dengan bisnis pakaian anak yang anda miliki.